Kamis, 22 Juni 2023

Perpustakaan Mini Dalam rumah


 Membaca adalah kegiatan yang amat menyenangkan, terlebih jika ditunjang dengan tempat membaca yang nyaman. Memiliki perpustakaan pribadi di rumah adalah impian yang amat wajar. Manfaat perpustakaan bukan hanya untuk menyimpan buku, tetapi juga bisa menjadi ruang rekreasi yang membuat tenang.  Apalagi saat dapat melakukannya di dalam rumah atau kamar sendiri, tentu akan  benar-benar membahagiakan.  Kita dapat menghadirkan budaya membaca di rumah sendiri, salah satu caranya adalah dengan membuat perpustakaan mini di rumah.

Buku memiliki peran penting dalam perpustakaan. Tentu saja, karena buku merupakan sumber utama sebuah perpustakaan. Dari waktu ke waktu, tanpa kita sadari koleksi buku yang kita miliki sudah menumpuk di pojok-pojok ruangan, sebagian terselip di antara furnitur atau perabot. Ketika sudah mengetahui berapa banyak buku yang kita miliki, hal yang akan dilakukan selanjutnya adalah menentukan bagian mana yang akan dijadikan sebagai perpustakaan. Strategi mengatur buku berdasarkan warna memiliki potensi untuk menghindari terlalu banyak barang yang tidak beraturan, sekaligus membuat buku-buku tertata secara dekoratif. Kita dapat menyediakan satu ruangan khusus dengan besaran yang cukup untuk dijadikan perpustakaan, tidak perlu ruangan yang terlalu besar, karena ruang yang berukuran sedangpun bisa kita sulap menjadi sebuah Perpustakaan Mini di rumah.

Carilah rak buku yang kuat dan menonjolkan buku-buku itu sendiri. Sebenarnya tidak ada salahnya menggunakan lemari. Tetapi, jika kita mempunyai ruang yang kecil, lemari akan memakan luasan lebih banyak. Selain itu, penyimpanan buku di dalam lemari tidak praktis dan harganya cukup mahal. Agar ruangan tidak membosankan dan anak-anak anda betah di perpustakaan, kita dapat mempercantik ruangan dengan menambah beberapa furniture tambahan serta bermain dengan warna dinding pada ruangan agar terlihat lebih menarik dan dapat menjadi daya tarik bagi pemilik rumah bahkan bagi para tamu atau kerabat kita yang berkunjung kerumah kita.Jika hendak menata ulang koleksi buku kita, ada baiknya menyortir terlebih dahulu buku-buku yang akan diletakkan pada lemari atau rak.

Memilih lokasi untuk membuat ruang pustaka itu gampang-gampang susah. Ruangan dengan penerangan alami yang berlimpah tentu bagus untuk bersantai dan membaca. Bila memungkinkan, buatlah rak buku di setiap ruangan. Hal ini adalah cara untuk memanfaatkan kembali ruangan-ruangan yang tidak terpakai. Sebuah dinding pemisah antara ruangan yang satu dengan ruangan yang lainnya dapat dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan buku-buku. Dinding Anda tak akan terlihat sepi dan membosankan lagi, sedangkan buku-buku Anda dapat tersimpan rapi di sana. Ini juga merupakan salah satu cara untuk menarik dan menumbuhkembangkan minat baca anak-anak sejak dini dimulai dari dalam rumah dan dilingkungan keluarga. Membiasakan anak-anak gemar membaca menjadi cara yang baik bagi tumbuh kembang mereka. Anak akan memiliki pengetahuan lebih dari buku yang dibaca.\

*Boes


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Polres Tangsel Bersama Bea Dan Cukai Sita 642 Kg Ganja, 7,8 Kg Sabu dan 1,1 Kg MDMA, Ungkap Penyalahgunaan Narkotika

Tangsel - Dalam dua bulan terakhir satuan reserse narkoba (Sat Res Narkoba) Polres Tangerang Selatan berhasil mengungkap perkara menonjol te...