Kamis, 22 Juni 2023

Delos Tempat Suci Zaman Yunani Kuno

Delos, Dílos Yunani Modern, pulau, salah satu yang terkecil dari Cyclades (Yunani Modern: Kykládes), Yunani, pusat kehidupan agama, politik, dan perdagangan kuno di Laut Aegea. Sekarang sebagian besar tidak berpenghuni, itu adalah massa granit kasar dengan luas sekitar 1,3 mil persegi (3,4 km persegi). Juga disebut Delos Kecil, terletak di antara Rinía (Rhenea), atau Megáli Dhílos (Delos Besar), di barat dan Pulau Mýkonos di timur. 

Sejak 1873 École Française d'Athènes ("Sekolah Prancis Athena") telah menggali pulau itu, kompleks bangunannya sebanding dengan Delphi (Delfoí) dan Olympia. Di antara artefak pahatan Delos yang paling terkenal adalah pecahan Apollo kolosal dan sembilan singa marmer. Empat kelompok utama reruntuhan dapat dibedakan di pantai barat: pelabuhan komersial dan cagar alam kecil; kota religius Apollo, sebuah hieron (tempat perlindungan); tempat suci Gunung Kynthos dan teater; dan wilayah Danau yang disucikan. 

Fitur lain dari kantor kota itu termasuk jalan lebar yang diapit dengan persembahan nazar dan kantor polisi Artemis, dengan tiga kuil yang ditumpangkan satu sama lain, mungkin bangunan tertua di zaman pra-Hellenic. Di luar kantor gedung kota Apollo, di selatan, ada ruang terbuka; antara ini dan kantor polisi ada rumah untuk para pendeta; dan di dalamnya, makam para Perawan Hyperborean, pemuja Artemis. Di sebelah timur adalah kuil Dionysus, di sisi lain ada pertukaran komersial besar yang memiliki kuil Aphrodite dan Hermes. 

Di belakang pelabuhan komersial terdapat dermaga dan gudang; di belakangnya terdapat rumah-rumah pribadi dari abad ke-3 dan ke-2 SM, masing-masing menampilkan halaman yang dikelilingi oleh tiang-tiang dan banyak yang diaspal dengan mozaik. Teater (awal abad ke-3 SM) terletak di luar pelabuhan komersial, di lereng bawah Gunung Cynthus; puncaknya memiliki sisa-sisa tempat tinggal Cycladic kuno (milenium ke-3 SM) dan sebuah kawasan kecil Kýnthios Zeus (Cynthian Zeus) dan Athena. Di bawah lereng terdapat tempat perlindungan bagi dewa-dewa asing; bagian selatan diperuntukkan bagi dewa-dewa Mesir, bagian utara untuk Siria. 

Di sebelah utara, di sisi selatan Danau Suci (sekarang dikeringkan), adalah Agora Italia, dengan lengkungan pintu masuk kolom Doric, bangunan paling luas di Delos. Di dekatnya, antara danau dan Pelabuhan Suci, terdapat Agora of Theophrastos (akhir abad ke-2 SM). Di utara danau terdapat Palaestra (gimnasium), sebuah lapangan besar dengan peristyle ionik, dan sebuah stadion dengan panjang sekitar 540 kaki (165 m).

Ada banyak kisah tradisional tentang asal usul Delos. Itu dihuni pada akhir milenium ke-3 SM. Pada abad ke-9 hingga ke-10 SM, orang Ionia membawa kultus Leto, yang dalam legenda melahirkan Artemis dan Apollo di sana. Pulau itu sudah menjadi pelabuhan yang berkembang dan pusat pemujaan, menjadi terkenal melalui referensi tentangnya di Odyssey. Setelah Perang Persia, pada tahun 478 SM, Konfederasi Delos didirikan di sana di bawah kepemimpinan Athena, tetapi pada akhir Perang Peloponnesia, Sparta secara singkat memberikan kemerdekaannya kepada Delos.

Selama 150 tahun setelah pecahnya kerajaan Alexander Agung, Delos merdeka. Di bawah Roma setelah 166 SM, Delos menjadi pelabuhan bebas. Pada 88 SM Menophaneses, seorang jenderal Mithradates VI dari Pontus, menjarah pulau itu karena tetap setia pada Roma; ribuan orang dibantai. Serangan perompak menyusul (69 SM), dan, meskipun kendali Athena dipulihkan oleh Roma pada 42 SM, ahli geografi Yunani Pausanias mencatat bahwa pulau itu hampir tidak berpenghuni. Pada akhir abad ke-1 M, perubahan rute perdagangan memastikan kehancuran komersial Delos, dan pemujaannya saat itu atau tidak lama kemudian ditinggalkan. Strukturnya digali untuk bahan bangunan oleh orang Venesia dan Turki pada Abad Pertengahan Eropa. Turis saat ini diizinkan mengakses pulau hanya untuk tujuan melihat situs arkeologinya.

*Encylopedia Britannica

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Polres Tangsel Bersama Bea Dan Cukai Sita 642 Kg Ganja, 7,8 Kg Sabu dan 1,1 Kg MDMA, Ungkap Penyalahgunaan Narkotika

Tangsel - Dalam dua bulan terakhir satuan reserse narkoba (Sat Res Narkoba) Polres Tangerang Selatan berhasil mengungkap perkara menonjol te...