Jumat, 09 Juni 2023

OSCE Siap Mendukung Ukraina dalam Mengatasi Konsekuensi Penghancuran Bendungan Nova Kakhovka

 

VIENNA, 8 Juni 2023 – Sejalan dengan mandat Organisasi, dan melalui upaya khusus Kantor Koordinator Kegiatan Ekonomi dan Lingkungan, OSCE telah bekerja untuk mengatasi dampak lingkungan dan keamanan serta tantangan perang di Ukraina, bermitra dengan badan-badan PBB dan operasi lapangan. Penghancuran bendungan Nova Kakhovka baru-baru ini di wilayah Kherson menciptakan tantangan tambahan, secara dramatis meningkatkan ancaman terhadap mata pencaharian dan mengintensifkan risiko ekonomi bagi populasi yang bersangkutan.

Otoritas Ukraina telah meminta dukungan dari OSCE untuk memantau lebih lanjut dan mengatasi tantangan ini.

Pakar OSCE menggarisbawahi implikasi langsung dan jangka panjang dari penghancuran bendungan, baik di lingkungan terdekat, maupun lebih jauh ke hilir dan di tingkat trans-nasional, dengan bahaya serius bagi kesehatan masyarakat, kegiatan ekonomi, keamanan energi, dan ekosistem. integritas.

Banjir tanah dan pertanian mengancam hasil pertanian dan runtuhnya pembangkit listrik tenaga air Kakhovka dapat memicu gangguan besar-besaran pasokan listrik di wilayah tersebut. Selain itu, keamanan nuklir dapat dikompromikan, karena penurunan permukaan air di waduk yang melayani Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporizhzhia (ZNPP) dapat memengaruhi fungsi pembangkit, situasi yang dipantau secara ketat oleh Perusahaan Pembangkit Energi Nuklir Nasional Ukraina, Energoatom, dan Badan Energi Atom Internasional. Akhirnya, polusi yang luas, baik yang berbahaya maupun yang tidak berbahaya, mengancam wilayah hilir yang luas dengan penghancuran infrastruktur industri. Ini semua di luar penderitaan puluhan ribu orang yang menghadapi evakuasi dan pengungsian akibat rusaknya bendungan.

Konsekuensinya signifikan dan perlu dinilai sepenuhnya.

OSCE siap untuk terus mendukung Ukraina dan akan mengoordinasikan modalitas dengan otoritas nasional dalam beberapa hari mendatang.

*Sumber :  OSCE Secretariat. Communication and Media Relations Section  press@osce.org

 

                                          


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Polres Tangsel Bersama Bea Dan Cukai Sita 642 Kg Ganja, 7,8 Kg Sabu dan 1,1 Kg MDMA, Ungkap Penyalahgunaan Narkotika

Tangsel - Dalam dua bulan terakhir satuan reserse narkoba (Sat Res Narkoba) Polres Tangerang Selatan berhasil mengungkap perkara menonjol te...