Selasa, 27 Juni 2023

5 Alasan Amerika Serikat dan Jepang Bermitra dalam Ekonomi

Ada beberapa alasan mengapa kemitraan ekonomi antara Jepang dan AS saling menguntungkan:

1. Kerjasama teknologi. AS dan Jepang berkolaborasi dalam banyak bidang berteknologi tinggi seperti eksplorasi ruang angkasa, bioteknologi, keamanan dunia maya, dll. Misalnya, pesawat ruang angkasa HTV Jepang mengirimkan kargo ke Stasiun Luar Angkasa Internasional. AS dan Jepang juga memiliki penelitian bersama di bidang biomedis dan keamanan siber. Kerja sama semacam itu mendorong inovasi yang membantu kedua negara.

2. Investasi infrastruktur. Jepang berinvestasi dalam infrastruktur AS seperti kereta api dan pembangkit listrik. Misalnya, perusahaan Jepang seperti Hitachi dan Mitsubishi telah membantu membangun kereta api berkecepatan tinggi AS. Bank SMBC Jepang juga berinvestasi di pembangkit listrik tenaga surya dan angin AS. Infrastruktur AS sangat diuntungkan dari investasi asing semacam itu.

3. Potensi pertumbuhan. Perekonomian AS dan Jepang berpotensi saling memacu pertumbuhan. AS dapat memanfaatkan keahlian Jepang di berbagai bidang seperti robotika, perawatan kesehatan, dan penggunaan sumber daya yang efisien. Jepang dapat memanfaatkan peluang baru dalam ekonomi AS yang tumbuh cepat, terutama di bidang teknologi dan layanan. Ikatan yang lebih dekat membuka jalan bagi pertumbuhan ekonomi di masa depan.

4. Penetapan standar. Sebagai dua ekonomi terbesar di dunia, AS dan Jepang bekerja sama untuk mengembangkan standar dan praktik terbaik tentang isu-isu yang membentuk perdagangan dan perdagangan global. Misalnya, mereka memimpin Perjanjian Komprehensif dan Progresif untuk Kemitraan Trans-Pasifik (CPTPP) dan menetapkan cetak biru untuk standar tinggi di kawasan Indo-Pasifik. Kerja sama standar meningkatkan perdagangan global serta perdagangan bilateral AS-Jepang.

5. Saling memberikan kontribusi dalam otomotif , Perdagangan dan investasi.

Singkatnya, kemitraan ekonomi antara Jepang dan AS sangat luas dan saling menguntungkan. Mereka terikat oleh perdagangan, investasi, kerjasama teknologi serta upaya bersama untuk memacu inovasi dan membentuk standar global. Perekonomian AS dan Jepang memperoleh banyak keuntungan dari hubungan dekat mereka. Kedua negara memiliki insentif untuk lebih memperkuat kerja sama ekonomi.

*Sumber : The domination



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Polres Tangsel Bersama Bea Dan Cukai Sita 642 Kg Ganja, 7,8 Kg Sabu dan 1,1 Kg MDMA, Ungkap Penyalahgunaan Narkotika

Tangsel - Dalam dua bulan terakhir satuan reserse narkoba (Sat Res Narkoba) Polres Tangerang Selatan berhasil mengungkap perkara menonjol te...