Sabtu, 04 April 2020

Bencana Covid-19 Merupakan Musibah Dunia Dan Cobaan Seluruh Rakyat Indonesia Dan Pemerintah Republik Indonesia

B.U. Surono


Jakarta. ( 4/4/2020)

Pimpinan umum Bhayangkara Indonesia News ( BINs )  B. U. Surono,  dalam menyoroti keadaan dunia dan bangsa Indonesia khususnya terkait wabah virus Covid-19 /Corona. Mengatakan “Kebijakan pemerintah Indonesia sudah tepat, yakni keputusan yang diambil pemerintah pusat penuh kehati – hatian dan pencermatan tinggi, keputusan untuk menjalankan Physical Distancing dalam skala besar perlu ketegasan dan disiplin bila perlu dilakukan  kebijakan darurat  sipil. Dengan demikian pemerintah tidak perlu menerapkan lockdown.”

Sifat karakteristik Covid-19 belum terdeteksi secara spesifik karena ini merupakan wabah pandemic terlepas dari conspiracy theory ini merupakan virus yang merupakan “ras” dari virus Mers dan SARS dan hanya ahli biologi yang dapat menerangkannya. Bila Presiden memberlakukan Lockdown dampak – dampak yang terjadi terhadap perekonomian dan situasi sosial yang tidak terkendali  akan menimbulkan situasi politik sebagai pemanfaatan kondisi.

Bila melihat tulisan Franco “ Bifo “ Berardi Beyond the Breakdown : Three Meditations on Aftermath. Dalam tulisannya Franco yang menekankan bahwa jarak yang diciptakan akibat wabah pandemic ini masyarakat akan tenggelam saat isolasi dalam ketiadaan abadi dari  koneksi virtual . Tulisan ini  juga memberikan ulasan bahwa lockdown dapat membuat kekacauan dan penghapusan satu peradaban bila tidak dilakukan secara profesional dan kesiapan yang matang.

Kesiapan Pemerintah dalam melaksanakan Pembatasan Sosial Dalam Skala Besar ( PSBB )dalam darurat Corona harus benar – benar dipatuhi oleh setiap Kepala Daerah sebagai penanggung jawab wilayah masing – masing. Kesigapan Pemerintah Daerah dalam menangani ini , dimana pihak Kepolisian sebagai pelaksana PSBB harus benar – benar bersinergi.Dan tidak boleh saling menyalahkan namun bersama – sama melaksanakan instruksi Pemerintah Pusat agar pencegahan virus dapat maksimal dan dapat selesai dengan cepat dalam menghadapi cobaan ini./ Afif






Tidak ada komentar:

Posting Komentar