Jumat, 07 Juli 2023

Peradaban Kuno Disekitar Gunung Nemrut Turki

Gunung Nemrut, yang terletak di tenggara Turki, adalah situs arkeologi menawan yang berdiri sebagai bukti keagungan Kerajaan Commagene kuno. Gunung megah ini, berdiri di ketinggian sekitar 2.150 meter (7.050 kaki), terkenal dengan patung kolosal dan struktur batunya yang monumental. Dibangun oleh Raja Antiochus I pada abad ke-1 SM, Gunung Nemrut berfungsi sebagai tempat pemakaman suci dan tempat pemujaan bagi raja sendiri. Fitur yang paling luar biasa dari situs ini adalah teras Timur dan Barat, dihiasi dengan patung-patung besar dewa-dewa Yunani dan Persia, serta leluhur Raja Antiokhus I yang didewakan. Patung-patung kolosal ini, tingginya mencapai 8 meter (26 kaki). , ciptakan pemandangan yang unik dan menakjubkan di tengah lanskap gunung yang tenang dan terjal.

Kerajaan Commagene, yang berkembang dari abad ke-2 SM hingga abad ke-1 M, adalah peradaban Helenistik luar biasa yang memadukan budaya Yunani, Persia, dan Anatolia asli. Beribukota di Samosata, kerajaan ini diperintah oleh barisan raja dari keluarga Antiochus. Di bawah pemerintahan Raja Antiochus I, Kerajaan Commagene mencapai puncaknya, dan pembangunan Gunung Nemrut berfungsi sebagai cerminan dari visi ambisius raja. Praktik budaya dan agama kerajaan juga merupakan perpaduan pengaruh Yunani dan Persia, menghasilkan sistem kepercayaan sinkretis yang unik. Meskipun Kerajaan Commagene akhirnya menghilang dalam ketidakjelasan, reruntuhan Gunung Nemrut yang penuh teka-teki terus memikat pengunjung, menawarkan sekilas sejarah dan kesenian yang menarik dari peradaban kuno di Turki ini.

*Ancient World

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Polres Tangsel Bersama Bea Dan Cukai Sita 642 Kg Ganja, 7,8 Kg Sabu dan 1,1 Kg MDMA, Ungkap Penyalahgunaan Narkotika

Tangsel - Dalam dua bulan terakhir satuan reserse narkoba (Sat Res Narkoba) Polres Tangerang Selatan berhasil mengungkap perkara menonjol te...