Rabu, 28 Juni 2023

Perpustakaan Alexandria : Kumpulan Informasi Tercatat Terbesar di Dunia Kuno: Keberadaan dan Kehancurannya

Perpustakaan Kerajaan Alexandria, terkait dengan Museum atau Mouseion di Alexandria (Μουσεῖον τῆς Ἀλεξανδρείας), mungkin didirikan sekitar 300 SM di bawah pemerintahan Ptolomey . Meskipun itu adalah perpustakaan terbesar di dunia kuno, dan gudang dari begitu banyak literatur Yunani yang akhirnya diwariskan kepada kita, dan juga begitu banyak yang akhirnya hilang, jumlah gulungan papirus yang disimpan di Aleksandria pada puncaknya, atau jumlah lainnya. lain waktu, tidak diketahui. Pada puncaknya, jumlah gulungan yang mungkin dimiliki telah diperkirakan oleh banyak sarjana, tanpa bukti yang dapat dipercaya, dari sebanyak 400.000 hingga 700.000 hingga 40.000, atau bahkan kurang. Gulungan papirus yang khas mungkin berisi teks sepanjang satu buku Homer.

Menulis pada tahun 2002, sarjana klasik Amerika Roger BagnallOffsite Link berpendapat bahwa jumlah gulungan yang sangat tinggi yang secara tradisional diperkirakan oleh para sarjana telah dipegang oleh Perpustakaan Kerajaan Alexandria, seperti 400.000 hingga 700.000 gulungan, mungkin mencerminkan ekspektasi modern daripada luasnya literatur tertulis. yang mungkin telah dihasilkan oleh para penulis Yunani kuno:

"Bank data komputer sastra Yunani kuno, Thesurus Linguae GraecaeOffsite Link, berisi sekitar 450 penulis yang setidaknya beberapa kata bertahan dalam kutipan dan yang kehidupannya diperkirakan dimulai pada akhir abad keempat. Tidak diragukan lagi ada penulis yang masih ada di periode Helenistik awal yang tidak ada satu baris pun yang bertahan hari ini, tetapi kami tidak dapat memperkirakan jumlahnya. Dari sebagian besar dari 450 ini, kami hanya memiliki beberapa kalimat. Ada 175 lagi yang diketahui yang hidupnya ditempatkan, atau yang kelahirannya ditempatkan di urutan ketiga abad SM Sebagian besar penulis ini mungkin menulis apa yang menurut standar modern adalah jumlah yang sederhana — mungkin hanya beberapa gulungan buku saja.Bahkan penulis yang paling banyak jumlahnya, seperti dramawan Athena, mungkin tidak lebih dari seratus gulungan atau lebih. .. Jika rata-rata penulis mengisi 50 gulungan, para penulis kita yang dikenal hingga akhir abad ketiga akan menghasilkan 31.250 gulungan.

Perpustakaan Aleksandria dikaitkan dengan sekolah dan museum. Sarjana di Aleksandria bertanggung jawab atas penyuntingan dan standarisasi untuk banyak teks Yunani sebelumnya. Salah satu editor yang paling terkenal adalah Aristophanes dari Byzantium, seorang direktur perpustakaan, yang karyanya tentang teks Iliad mungkin disimpan dalam manuskrip Venetus A, tetapi juga dikenal sebagai penulis penyunting seperti Pindar dan Hesiod.

Meskipun diketahui bahwa sebagian dari Perpustakaan Aleksandria bertahan selama beberapa abad, berbagai laporan tentang kehancuran perpustakaan tersebut saling bertentangan. Artikel Wikipedia di Library of Alexandria menguraikan empat skenario yang mungkin untuk kehancurannya:

1. Kebakaran Julius Caesar saat The Alexandrian War, pada 48 SM.

2. Serangan Aurelian pada abad ketiga Masehi.

3. Dekrit Theophilus pada tahun 391 M. (Penghancuran literatur pagan oleh orang Kristen awal.)

4. Penaklukan Muslim pada tahun 642 M, atau sesudahnya.

 Faktor-faktor lain yang pada akhirnya merusak isi Perpustakaan Aleksandria mungkin termasuk pembusukan gulungan papirus akibat iklim. Sebagian besar gulungan dan fragmen papirus yang selamat setelah Perpustakaan Aleksandria melakukannya di pasir kering gurun Mesir. Gulungan papirus tidak tahan dengan baik di tempat lembab atau di udara laut yang asin, yang kemungkinan besar dipaparkan di perpustakaan yang terletak di pelabuhan AlexandriaOffsite Link. Dengan demikian, terlepas dari skenario penghancuran perpustakaan yang dipilih, karena pembusukan media penyimpanan, atau sebagai akibat dari kebakaran, kerusakan hewan pengerat, bencana alam, atau pengabaian, kemungkinan sebagian besar informasi di perpustakaan Aleksandria hilang sebelum perpustakaan dihancurkan secara fisik.

Apapun keadaan dan waktu penghancuran fisik Perpustakaan, terbukti bahwa pada abad kedelapan Perpustakaan Aleksandria tidak lagi menjadi lembaga yang signifikan.

*Sumber : Ancient and History


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Polres Tangsel Bersama Bea Dan Cukai Sita 642 Kg Ganja, 7,8 Kg Sabu dan 1,1 Kg MDMA, Ungkap Penyalahgunaan Narkotika

Tangsel - Dalam dua bulan terakhir satuan reserse narkoba (Sat Res Narkoba) Polres Tangerang Selatan berhasil mengungkap perkara menonjol te...