Sabtu, 27 Mei 2023

Keris Senjata Mistik Jawa

Keris wales Britania raya

Temuan mengejutkan terjadi di kota Carmarthen, Wales, Britania Raya ( Inggris ). Di kota yang terkenal dengan kisah Raja Arthur dan Merlinnya itu, ditemukan sebilah keris kuno di dasar sungai.

Mengutip media lokal, Wales, keris sepanjang setengah meter itu ditemukan di Sungai Towy oleh Andrew Davies ketika tengah mencari ikan. Ketika jalanya dinaikkan, keris itu tersangkut.

Davies penasaran dengan benda itu. Mirip dengan pedang zaman Romawi, tapi berbeda bentuknya. Dia lantas membawanya ke museum Carmarthenshire untuk diteliti.

"Saya ingin tahu bagaimana benda ini bisa berakhir di Towy, sangat mengagumkan," ujar dia.

Kurator di Museum Carmarthenshire Gavin Evans mengatakan pedang itu bukan milik prajurit Romawi, namun berasal dari jauh, Asia Tenggara. Dia telah mengirimkan foto keris itu ke museum di London untuk menentukan dengan pasti asal keris itu.

"Awalnya saya kira berasal dari Romawi, tapi lebih jauh dari itu, dari Asia Tenggara Indonesia," kata Evans.

Evans mengatakan keris yang diduga berasal dari abad ke-11 /12 itu memiliki ornamen di bilah besinya. Gagang keris terbuat dari kayu dengan ukiran bergambar burung yang terbuat dari tulang. Pada keris itu terdapat material seperti tembaga ( sepertinya campuran batu meteor ).

"Saya menduga benda ini telah berada di dalam lumpur sebelum terjaring, itulah mengapa tidak terlalu berkarat. Sekarang berada di luar air, maka keris akan mulai berkarat," ujar Evans.

Belum diketahui mengapa keris itu bisa berakhir sejauh 13 ribu kilometer lebih dari Indonesia. Namun Evans menduga, keris itu jatuh dari kapal karena kota Carmarthen pernah menjadi pelabuhan besar.

"Atau ada kemungkinan penjelasan lain yang lebih detail," tutur Evans.

"Mungkinkah ini adalah senjata pembunuh yang dibuang ke sungai bertahun-tahun yang lalu? Siapa yang tahu, tapi ini menarik," lanjut dia.

Menurut kolektor lokal yang memahami senjata tradisional jawa mengatakan, “ kemungkinan ini adalah kerjasama dengan Britania Raya masa zaman kerajaan dulu hanya saja identifikasi dari kerajaan Jawa mana belum diketahui, ini sangat menarik karena kerajaan di Jawa kuno sudah berhubungan dengan eropa sejak abad 11/12 dengan adanya penemuan keris ini. Meskipun kami telah mengganti sarungnya dan memperbaiki gagangnya yang terbuat dari jenis tulang . Dan Keris merupakan senjata khas milik suku Jawa yang sangat unik selain sangat tajam juga penuh misteri serta nuansa mistis “ tambahnya.Ini menandakan bahwa di pulau Jawa sudah merupakan Magnet Centrum Power  di wilayah Asia Tenggara, kekuatan kerajaan di pulau Jawa pada abad 11/12 sudah melampui kerajaan – kerajaan disekitarnya.

Bahkan di Jepang ditemukan sebilah pedang panjang dengan luk seperti keris berukuran 2,3 Meter sekitar wilayah pemakaman tua di dekat kota Nara. Arkeolog  Jepang memperkirakan pedang panjang ini berusia sekitar 1600 Tahun, orang jepang yang memahami benda – benda kuno menyebut bahwa pedang ini bernama Dako yakni pedang bertuah untuk membasmi Iblis, dalam masyarakat sekitar pedang jenis ini diciptakan dengan tujuan spiritual dan Mistis, Pedang Dako dianggap pedang dewa karena bukan diciptakan oleh masyarakat jepang sendiri tapi oleh manusia yang telah berinteraksi dengan para dewa. Seorang ahli senjata kuno Stefan Maeder mengatakan jenis pedang ini adalah jenis pedang persembahan untuk Dewa kuat atau Roh Kuat.Pedang ini bergelombang ( Luk dalam istilah Jawa ) yang berarti bentuknya mewakili tubuh Naga yang artinya mewakili Dunia dan Surga ( alam para dewa ). Hampir sebagian besar pengamat senjata mengatakan bahwa pedang ini bukan asli jepang karena ciri khas pedang jepang kuno adalah sedikit cekung ataupun tegak lurus dengan ujung runcing.Meskipun sebagian mengatakan bahwa ini dari periode “Kofun” karena ditemukan di makam kuno Kofun wilayah jepang barat yang masyarakatnya penuh cerita rakyat bernuansa mistis dengan makhluk “imajinatif”.

*Dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Polres Tangsel Bersama Bea Dan Cukai Sita 642 Kg Ganja, 7,8 Kg Sabu dan 1,1 Kg MDMA, Ungkap Penyalahgunaan Narkotika

Tangsel - Dalam dua bulan terakhir satuan reserse narkoba (Sat Res Narkoba) Polres Tangerang Selatan berhasil mengungkap perkara menonjol te...