Kamis, 17 Oktober 2024

Sesama BNN RI Sampaikan Orasi Ilmiah Pada Wisuda Ke-XVII Universitas Tama Jagakarsa

Jakarta - Sekretaris Utama (Sestama) BNN RI, Tantan Sulistyana, S.H., S.I.K., M.M., menyampaikan orasi ilmiah pada Wisuda ke-XVII yang digelar oleh Universitas Tama Jagakarsa, Rabu (16/10). "Strategi Penanganan Narkotika di Indonesia" menjadi tema orasi ilmiah yang diangkat oleh Sestama BNN RI pada wisuda yang berlangsung di Balai Sudirman, Jakarta Selatan, tersebut.

Dalam orasinya, Tantan Sulistyana menyoroti perkembangan globalisasi yang memberikan kontribusi cukup besar terhadap meningkatnya kejahatan transnasional, termasuk perdagangan gelap narkotika. Berdasarkan laporan United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC), Sestama BNN RI menyebutkan telah terjadi peningkatan jumlah pengguna narkoba di dunia secara signifikan dalam satu dekade terakhir.

"Data pada tahun 2021 menunjukkan terdapat sekitar 296 juta orang atau 5,8% populasi dunia berusia 15-64 tahun melakukan penyalahguna narkoba," jelasnya.

Ia juga menyampaikan bahwa saat ini Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat rentan terhadap peredaran gelap narkotika, terutama jenis methamphetamine atau sabu dan new psychoactive substances (NPS). Sementara dalam upaya penanganan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, Sestama BNN RI menjelaskan bahwa BNN telah menyusun lima strategi utama.

Strategi penanganan kejahatan narkotika BNN disebutkan Tantan Sulistyana mencakup penguatan kolaborasi antar pemangku kepentingan, peningkatan intelijen, penguatan wilayah pesisir dan perbatasan untuk mencegah masuknya narkotika, serta pendekatan iconic dan tematik.

Di akhir orasi ilmiahnya, Tantan Sulistyana menyampaikan harapannya kepada seluruh civitas akademika Universitas Tama Jagakarsa untuk dapat berperan aktif dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN). Ia berharap keterlibatan dunia pendidikan dapat menjadi katalisator terciptanya generasi yang bersih dari narkoba untuk menyongsong Indonesia Emas 2045. 

 (BINs )

#indonesiabersinar

#indonesiadrugfree

BIRO HUMAS DAN PROTOKOL BNN

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sesama BNN RI Sampaikan Orasi Ilmiah Pada Wisuda Ke-XVII Universitas Tama Jagakarsa

Jakarta - Sekretaris Utama (Sestama) BNN RI, Tantan Sulistyana, S.H., S.I.K., M.M., menyampaikan orasi ilmiah pada Wisuda ke-XVII yang digel...