Jumat, 20 September 2024

Ketua OSCE Finlandia 2025 menekankan prinsip dan komitmen OSCE

Menteri Luiar Negeri Finlandia Elina Valtonen menguraikan prioritas negaranya sebagai ketua OSCEuntuk tahun 2025 di Dewan Parlemen. 19 September 2024 ( OSCE )

Wina – 19 September 2024, Menteri Luar Negeri Finlandia Elina Valtonen menguraikan prioritas negaranya sebagai Ketua Kantor OSCE untuk Tahun 2025 di Dewan Permanen.

“ Selama kepimpimpinan dirinya Finlandia akan menekankan prinsip – prinsip dan komitmen OSCE. Meskipun telah terang – terangan telah dilanggar Rusia, peraturan tersebut tetap berlaku dan menjadi landasan dan tatanan keamanan eropa “, kata Menteri Luar Negeri Elina Valtonen.

Dukungan terhadap Ukraina tetap menjadi inti kepemimpinan Finlandia, disemua dimensi. Tema dari kepemimpinan ini adalah ketahanan baik dari negara – negara eropa itu sendiri maupun OSCE.

“ Ketahanan kemampuan dari kemampuan merespon dan pulih dari krisi, semakin mendapat perhatian dari negara – negara peserta , Namun ini merupakan ancaman militer dari perang antara Ukraina dan Rusia. SDeperti menanggapi aktivitas virus jahat lainnya, atau perubahan iklim,  dan membuat kita lebih kebal dari disinformasi “ , ujar Meneteri Luar Negeri Finlandia.

OSCE dengan pendekatan komprehensifnya, terhadap keamanan dan Hak azai manusia termasuk demokrasi serta supremasi hukum, berada dalama posisi yang tepat untuk mengatasi permasalahan ini.

Selama beberapa bulan terakhir finlandia telah melakukan konsultasi ekstentif terhadap negara – negara peserta mengenai prioritas mereka untuk tahun 2025.

Ada konsesus yang luas terhadap tidak hanya mematuhi prinsip – prinsip komitmen OSCE tetapi perlu juga untuk memperkuat dan melestarikan OSCE , termasuk lembaga – lembaga  otonom dan operasi lapangannya.

Finlandia untuk sepenuhnya memanfaatkan beragam instrument yang dimiliki OSCE. Meskipun mendapat tantangan yang besar , OSCE terus melakukan pekerjaannya yang berharga dikawasan ini, termasuk 12 operasi lapangan dan tiga lembaga kantor otonom, kantor lembaga hak azasi manusia dan lembaga demokrasi ,Komite Tinngi untuk minoritas nasional.

Dibidang politik dan militer Finlandia juga akan menjabat sebagai ketua Forum Kerjasama Keamanan Trimester terakhirtahun 2025.


 Communication and Media Relations Section

OSCE Secretariat

Phone: + 43 676 71 74 59

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengawalan Satgas OMPC II Papua Tengah Untuk Pilkada Serentak

Personel Polri yang tergabung dalam Operasi Mantap Praja Cartenz II 2024 melaksanakan pengawalan dan pengamanan ketat terhadap proses distri...