Selasa, 24 September 2024

DUKUNG MODERNISASI, BNN TINGKATKAN KAPASITAS DALAM PENGELOLAAN ARSIP DIGITAL

Jakarta - Badan Narkotika Nasional (BNN) melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) menggelar bimbingan teknis arsip digital. Kegiatan ini menandai langkah signifikan dalam upaya modernisasi pengelolaan arsip di BNN. (24/9 )

Pelatihan yang digelar secara virtual, pada 23 s.d. 30 September 2024 ini dihadiri oleh para pejabat tinggi, fasilitator, dan peserta dari berbagai unit kerja BNN, dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi pegawai dalam mengelola arsip elektronik.

Dalam sambutannya, Kepala Biro SDM Aparatur dan Organisasi (SDMAO) Settama BNN, M. Zainul Muttaqien, S.I.K., S.H., M.A.P., mewakili Sekretaris Utama BNN menekankan pentingnya arsip digital di era informasi saat ini. Beliau menyampaikan bahwa tugas seorang arsiparis tidak hanya sebatas menyimpan dan melindungi dokumen, tetapi juga menguasai teknologi digital untuk mengelola arsip elektronik secara efektif. Bimbingan teknis ini dirancang untuk memberikan pemahaman komprehensif mengenai prinsip-prinsip arsip digital, termasuk teknik digitalisasi, pengelolaan data, dan keamanan informasi.

“Peralihan ke arsip digital menawarkan banyak manfaat, seperti efisiensi ruang, kemudahan akses dokumen, dan peningkatan keamanan," ujar Kepala Biro SDMAO BNN pada Senin (23/9).

Namun, dikatakan lebih lanjut, bahwa transisi tersebut juga membawa tantangan baru yang membutuhkan pengetahuan dan keterampilan khusus.

Dalam bimbingan teknis akan dibahas berbagai topik, mulai dari pengembangan strategi arsip digital yang efektif hingga penerapan langkah-langkah keamanan yang kuat untuk melindungi informasi sensitif. Para peserta berkesempatan untuk berinteraksi dengan para ahli di bidangnya dan mempelajari praktik terbaik dalam pengelolaan arsip elektronik.

Dengan menginvestasikan sumber daya untuk pengembangan kapasitas pegawai, BNN memastikan bahwa arsip lembaga terjaga dengan baik dan dapat di akses untuk generasi mendatang. BNN menyadari bahwa pengelolaan arsip yang efektif sangat penting untuk akuntabilitas, transparansi, dan pengambilan keputusan yang tepat, tutup Kepala Biro SDMAO.

( BINs )

#indonesiabersinar

#indonesiadrugfree

BIRO HUMAS DAN PROTOKOL BNN

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengawalan Satgas OMPC II Papua Tengah Untuk Pilkada Serentak

Personel Polri yang tergabung dalam Operasi Mantap Praja Cartenz II 2024 melaksanakan pengawalan dan pengamanan ketat terhadap proses distri...