Rabu, 24 Januari 2024

JURNALISME INVESTIGASI

 

Dalam beberapa dekade terakhir, komunitas jurnalis investigatif telah berkembang. Saat ini terdapat kontak yang aktif dan teratur di tingkat regional, nasional, Eropa dan global. Para jurnalis bersatu untuk berbagi metode, mengembangkan keahlian jurnalistik, dan, yang paling penting, membangun jaringan untuk penelitian. 

Reporter Don Bolles mengira dia akan menemui sumber - bagian dari penelitiannya mengenai penipuan tanah yang melibatkan kejahatan terorganisir. Sebaliknya, jurnalis di Arizona Republic di Phoenix, Arizona, AS, terluka parah akibat bom mobil, sehingga para dokter tidak dapat menyelamatkannya, meskipun mereka berjuang berhari-hari.

Hal ini terjadi pada tahun 1976, dan beberapa rekannya, reporter dan editor, hanya memiliki waktu satu tahun sebelum mendirikan asosiasi  Reporter dan Editor Investigasi . Mereka memutuskan untuk menyelesaikan penelitiannya. Sebuah ruangan besar yang kosong disewa dan diubah menjadi ruang redaksi, reporter dan editor selama berminggu-minggu dan berbulan-bulan diberikan waktu luang dan keahlian untuk mengungkap struktur kriminal. Aksi tersebut kemudian dikenal sebagai  Proyek Arizona dan dianggap sebagai salah satu pemicu kerja sama jurnalis investigasi yang lebih intens.

Sementara rekan-rekan Amerika mulai bekerja sama dalam jurnalisme investigatif pada tahun 1975, jurnalis Eropa baru mulai mendirikan asosiasi investigasi pada akhir tahun 1980an, ketika  Denmark  (1989),  Swedia  dan  Norwegia  (1990) dan  Finlandia  (1992) mendirikan asosiasi jurnalisme investigatif. 

Langkah selanjutnya terjadi pada saat Konferensi Investigasi Global pertama, yang diadakan di Kopenhagen pada tahun 2001. Pada tahun-tahun ini,  Jerman  dan  Belanda/Flanders  mendirikan asosiasi jurnalisme investigasi mereka, di Rumania  Pusat Pelaporan Investigasi Rumania  didirikan pada tahun 2001 demikian juga.

Sejak saat itu berbagai inisiatif, proyek dan organisasi pendukung jurnalisme riset semakin berkembang sehingga memberikan lahan subur bagi perkembangan lebih lanjut, yang terbaru Swiss, Slovenia dan Polandia telah mendirikan jaringan atau organisasi jurnalisme investigatif.

Tujuan keseluruhannya adalah untuk mendukung dan mengembangkan penelitian dan jurnalisme berkualitas. Hal ini dilakukan dengan bertukar pengalaman terbaik, mengembangkan, berbagi dan meningkatkan metode baru dan melalui jaringan.

Temukan daftar kontak komunitas jurnalisme investigatif Eropa  di sini . 

Jaringan  Jurnalisme Investigasi Global  bertemu setiap 18-24 bulan. Di Eropa, para jurnalis yang tertarik dengan jurnalisme lintas batas dan data bertemu di  Konferensi Data Harvest tahunan pada bulan Mei/Juni setiap tahunnya . Konferensi Jurnalisme Investigasi Eropa diadakan pada tahun 2008 dan 2012 oleh VVOJ Belanda-Flemish. Dataharvest yang tumbuh secara signifikan pada tahun 2015 disebut juga Konferensi Jurnalisme Investigasi Eropa.

Apa itu jurnalisme investigatif?

Dalam pandangan Journalismfund Europe belum ada definisi final mengenai jurnalisme investigatif. Sebaliknya – upaya untuk mewujudkan jurnalisme investigatif harus menjadi proses yang jelas dan definisi apa pun harus diteliti berulang kali dalam perdebatan yang sedang berlangsung di kalangan jurnalis. Namun, kami ingin berkontribusi dalam perdebatan ini dengan menambahkan beberapa poin penting dari beberapa belahan dunia.

Nils Hanson

Pemimpin  majalah investigasi TV Swedia Uppdrag Granskning, Nils Hanson , memiliki definisi berikut tentang jurnalisme investigatif yang diterbitkan dalam bukunya  Grävande Journalistik  tahun 2009:

·         Pendekatan kritis - fokusnya adalah pada apa yang tidak berhasil dan dalam satu atau lain cara dapat digambarkan sebagai anomali.

·         Subyek penting - hanya pertanyaan tentang pentingnya kebaikan bersama yang dapat memotivasi sejumlah upaya dan sumber daya, yang mungkin harus diinvestasikan dalam penelitian serta kritik yang diungkapkan dalam publikasi.

·         Inisiatif sendiri – jurnalis/editor memutuskan apa yang penting.

·         Penelitian sendiri - reporter mengumpulkan informasi dan dokumen, terkadang meskipun ada perlawanan keras.

·         Analisis sendiri - informasi yang dikumpulkan dan dokumen dievaluasi. Seorang ahli dapat membantu dalam analisis, namun publikasi tidak bergantung pada apa yang dikatakan seseorang.

·         Eksklusivitas - masyarakat mengetahui informasi penting yang tidak akan diungkapkan secara terbuka.

VVOJ

“Jurnalisme investigasi adalah jurnalisme yang kritis dan menyeluruh,” menurut definisi  Asosiasi Jurnalisme Investigasi Belanda-Flemish, VVOJ .

Kritis  artinya jurnalisme tidak sekedar menyampaikan 'berita' yang sudah ada. Ini menyiratkan berita yang tidak akan tersedia tanpa intervensi jurnalistik. Hal ini dapat dilakukan dengan menciptakan fakta-fakta baru, namun juga melalui penafsiran ulang atau korelasi fakta-fakta yang sudah ada. Teliti  berarti seseorang melakukan upaya yang substansial, baik secara kuantitatif – banyak waktu yang dihabiskan dalam penelitian, banyak sumber yang dikonsultasikan, dll. - dalam istilah kualitatif - pertanyaan yang dirumuskan dengan tajam, pendekatan baru yang digunakan, dll., atau kombinasi keduanya.

Berdasarkan definisi ini kita membedakan tiga jenis jurnalisme investigatif. Kebetulan, kategori-kategori ini mungkin tumpang tindih.

·         Mengungkap skandal. Ditujukan untuk mendeteksi pelanggaran hukum, aturan atau norma kesusilaan, yang dilakukan oleh organisasi atau individu.

·         Tinjauan kebijakan atau fungsi pemerintah, bisnis dan organisasi lainnya.

·         Menarik perhatian pada tren sosial, ekonomi, politik dan budaya. Bertujuan untuk mendeteksi perubahan yang terjadi di masyarakat.

Pusat Jurnalisme Investigasi

Menurut  Pusat Jurnalisme Investigasi  di London City University , ”Rekan-rekan di Inggris dan AS cenderung mendefinisikan IJ berdasarkan tujuan dan kewajiban moral dan etika, dibandingkan sebagai versi pemberitaan biasa yang sedikit lebih serius.”

Dalam pelayanan Kepentingan Umum, tujuan kami adalah mengungkap korupsi, ketidakadilan, maladministrasi, dan kebohongan. Sebagai kewajiban bagi pembaca dan pemirsa serta perlindungan diri dalam lingkungan hukum yang tidak bersahabat, jurnalisme investigatif berupaya menyampaikan kebenaran yang terdokumentasi secara mendalam dan tanpa rasa takut atau bantuan. Hal ini bertujuan untuk memberikan suara bagi mereka yang tidak mempunyai hak suara dan meminta pertanggungjawaban pihak yang berkuasa. Itu untuk menghibur yang menderita dan menimpa yang nyaman.

Apakah ini kritis dan menyeluruh? Ya, tapi jurnalisme investigatif bersikap skeptis dan ingin mengungkap informasi yang ingin dirahasiakan oleh seseorang, agar diketahui publik.

Sheila Coronel

Sheila Coronel  dari Stabile Center for Investigative Journalism di Columbia University di New York dalam bukunya Digging Deeper tahun 2009 mempunyai lima definisi, apa itu jurnalisme investigatif BUKAN, dan tiga definisinya:

Jurnalisme investigatif BUKAN:

·         Pelaporan harian

·         Kebocoran jurnalisme

·         Pelaporan sumber tunggal

·         Penyalahgunaan informasi

·         Jurnalisme paparazzi

Jurnalisme investigatif IS

·         Jurnalisme pengawas

·         Mengungkap bagaimana hukum dan peraturan dilanggar

·         Meminta pertanggungjawaban pihak yang berkuasa

Tandai Lee Pemburu

Sebuah  studi tentang jurnalisme investigatif oleh Mark Lee Hunter  berjudul  Story-Based Inquiry: Sebuah manual untuk jurnalis investigatif  mendefinisikan jurnalisme investigatif dengan membedakannya dari jurnalisme 'konvensional':

“Jurnalisme investigatif melibatkan pengungkapan permasalahan publik yang disembunyikan – baik secara sengaja oleh seseorang yang memiliki posisi berkuasa, atau secara tidak sengaja, di balik sekumpulan fakta dan keadaan yang mengaburkan pemahaman. Hal ini memerlukan penggunaan sumber dan dokumen rahasia dan terbuka.”

“Pelaporan berita konvensional sangat bergantung dan terkadang seluruhnya pada materi yang disediakan oleh pihak lain (seperti polisi, pemerintah, perusahaan, dll.); pemberitaan tersebut pada dasarnya bersifat reaktif, jika tidak pasif. Sebaliknya, pemberitaan investigatif bergantung pada materi yang dikumpulkan atau dihasilkan melalui media. inisiatif reporter sendiri (itulah sebabnya sering disebut “pelaporan perusahaan”)."

“Pelaporan berita konvensional bertujuan untuk menciptakan gambaran obyektif tentang dunia sebagaimana adanya. Pelaporan investigatif menggunakan materi yang benar secara obyektif – yaitu, fakta-fakta yang akan disetujui oleh para pengamat yang masuk akal – untuk mencapai tujuan subyektif dalam mereformasi dunia. Itu bukanlah sebuah izin untuk berbohong demi tujuan yang baik. Ini adalah tanggung jawab, untuk mengetahui kebenaran sehingga dunia dapat berubah."

Jangan ragu untuk  berkontribusi dalam debat  dan kirimkan komentar Anda ke  info@journalismfund.eu

Jurnalisme investigatif di Eropa

Asosiasi

BELGIA - BELANDA Asosiasi Jurnalis Investigasi / Vereniging van Onderzoeksjournalisten VVOJ (didirikan tahun 2001)
Vereniging  van Onderzoeksjournalisten  VVOJ adalah asosiasi jurnalis Belanda-Flemish untuk dan oleh jurnalis. Mereka ingin merangsang jurnalisme investigatif dengan menyebarkan pengetahuan tentang jurnalisme investigatif. Semua jurnalis yang memiliki ambisi yang sama dapat menjadi anggota.

DENMARK Foreningen for Undersøgende Journalistik - FUJ (didirikan tahun 1989)
Asosiasi Jurnalisme Investigasi Denmark ( Foreningen for Undersøgende Journalistik , FUJ) bekerja untuk mempromosikan jurnalisme investigatif di media Denmark. Sebagai anggota FUJ, Anda tidak perlu bekerja dengan jurnalisme investigatif sendiri, namun anggota mendukung upaya untuk mempromosikan jurnalisme jenis ini. Didirikan pada tahun 1989.

FINLANDIA Tutkiva - Föreningen för undersökande jurnalistik (didirikan tahun 1992)
Asosiasi Jurnalisme Investigasi Finlandia,  jurnalisme Tutkivan yhdistys , bertujuan untuk memajukan jurnalisme yang menyeluruh dan kritis, dengan cara meningkatkan kapasitas jurnalis dan kondisi kerja mereka. Tutkiva didirikan pada tahun 1992.

JERMAN Netzwerk Recherche (didirikan tahun 2001)
Asosiasi ( Netzwerk Recherche , NR) bekerja untuk mempromosikan jurnalisme investigatif di Jerman. Ini mewakili kepentingan rekan-rekan yang bersikeras melakukan penelitian menyeluruh di bidang jurnalisme, kepentingan utamanya adalah untuk memajukan dan meningkatkan pendidikan di bidang tersebut. Netzwerk Recherche didirikan pada tahun 2001.

SPANYOL La Asociación de Periodistas de Investigación (didirikan?)
La Asociación de Periodistas de Investigación adalah Asosiasi Jurnalis Investigasi pertama di Spanyol. Para pendirinya adalah para profesional dari berbagai media dan ideologi dengan kebutuhan yang sama: menerapkan jurnalisme investigatif dalam pelayanan publik yang berfungsi untuk mengangkat karpet kekuasaan dan menggugah hati nurani.

SWEDEN Föreningen Grävande Journalister (didirikan tahun 1990)
Asosiasi Jurnalisme Investigasi di Swedia ( Föreningen Grävanda Journalister , Gräv) bertujuan untuk mendorong wartawan menggunakan metode investigasi untuk pemberitaan yang mendalam. Hal ini dilakukan dengan memberikan pelatihan serta instruksi internal. Selain itu, seminar tahunan juga mengumpulkan ratusan reporter dengan tujuan berbagi pengalaman kolektif, pendidikan, dan pengetahuan di bidangnya. Gräv didirikan pada tahun 1990.

SWISS Investigasi Swiss (didirikan tahun 2003)
Jaringan  investigasi Swiss  adalah organisasi independen yang mempromosikan pertukaran kontak dan kompetensi antara reporter investigasi Swiss dan rekan asing mereka. Tujuan dari jaringan nirlaba ini adalah untuk memfasilitasi akses terhadap data dan sumber daya serta mempromosikan metode praktik terbaik dalam pelaporan investigasi. Didirikan pada tahun 2003.

SWITZERLAND Investigativ.ch (didirikan 2010)
Dalam asosiasi tersebut,  jurnalis investigativ.ch  telah bergabung, yang menginginkan pertukaran terbuka tentang penelitian, teknik penelitian, dan hambatan terhadap penelitian.

Yayasan/Dana

BELGIUM Journalismfund Europe vzw (didirikan tahun 1998)
Journalismfund Europe vzw adalah organisasi nirlaba independen yang didirikan pada tahun 1998 oleh warga negara . Organisasi ini didirikan dengan tujuan memfasilitasi jurnalisme investigatif, lintas batas dan independen untuk mempromosikan demokrasi di Eropa dengan menghubungkan donor dan jurnalis.

BELANDA Fonds voor Bijzondere Journalistieke Projecten (didirikan tahun 1990)
Dana Belanda untuk Jurnalisme Mendalam  didirikan pada tahun 1990 oleh sekelompok jurnalis independen dan didanai oleh pemerintah Belanda.

HUNGARIA Yayasan Soma (didirikan tahun 2001)
"  Yayasan Gőbölyös József "Soma"  berupaya meningkatkan fungsi demokrasi di Hongaria dengan memberikan penghargaan, tunjangan, dan pembelaan hukum kepada jurnalis investigatif yang berupaya meningkatkan transparansi dan akuntabilitas di masyarakat" menurut situs webnya.

Yayasan Reporter POLANDIA (didirikan 2010) Kegiatan awal
Fundacja Reporterow adalah konferensi dan penghargaan lintas batas.

Pusat

BOSNIA DAN HERZEGOVINA Pusat Pelaporan Investigasi (didirikan tahun 2004)
Pusat  Pelaporan Investigasi  (CIN) adalah organisasi nirlaba yang berbasis di Bosnia yang berdedikasi untuk membantu masyarakat Bosnia dan Herzegovina memahami apa yang terjadi di negara mereka. Tujuannya adalah untuk memberikan masyarakat informasi yang mereka perlukan untuk membuat keputusan yang tepat dalam demokrasi partisipatif, untuk menjaga akuntabilitas pemerintah dan pejabat pemerintah, dan untuk mendorong transparansi melalui peningkatan kebebasan mengakses informasi.

INGGRIS Biro Jurnalisme Investigasi (didirikan tahun 2010)
Biro Jurnalisme Investigasi  secara resmi diluncurkan pada hari Senin tanggal 26 April 2010. Organisasi nirlaba ini adalah yang pertama di Inggris dan bertujuan untuk mendukung jurnalisme orisinal dengan menghasilkan jurnalisme berkualitas tinggi. investigasi berkualitas untuk pers dan media penyiaran nasional dan internasional,” menurut situs webnya. Pendanaan awal sebesar £2 juta berasal dari  David dan Elaine Potter .

INGGRIS Pusat Jurnalisme Investigasi (didirikan pada tahun 2003)
Pusat  Jurnalisme Investigasi  memajukan pendidikan dan pemahaman publik tentang jurnalisme investigatif, penyelidikan kritis, serta pelaporan dan penelitian mendalam. CIJ adalah badan amal terdaftar yang menawarkan pelatihan, sumber daya, dan penelitian tingkat tinggi kepada komunitas, jurnalis, pelajar, organisasi non-pemerintah, dan pihak lain yang tertarik pada integritas publik dan membela kepentingan publik. Itu berbasis di City University di London.

CROATIA Investigative Journalism Center CIN - IJC (didirikan tahun 2013)
Investigative  Journalism Center  (CIN - IJC) adalah organisasi non-pemerintah dan nirlaba. IJC mendukung pengembangan pelaporan investigatif di Kroasia dan negara-negara lain di Eropa Tenggara.

REPUBLIK CEKO České centrum pro investigativní žurnalistiku - CCIZ (didirikan tahun 2013)
Pusat  Jurnalisme Investigasi Ceko  (CCIZ) didirikan oleh sekelompok jurnalis Ceko dan memiliki misi untuk mempromosikan, melindungi dan melatih jurnalis investigasi, dan memenuhi kebutuhan jurnalis lokal. jurnalisme untuk mengikuti tren dan standar media baru.

DENMARK Investigative Reporting Denmark (didirikan tahun 2013)
Investigative Reporting Denmark  adalah pusat jurnalisme investigatif di Denmark. Yang pertama dan terpenting, pusat ini adalah pengawas yang akan berusaha mengawasi mereka yang berkuasa. Ini menyelidiki berita-berita penting yang umumnya dipilih untuk tidak dimuat oleh media lain dan membuat informasi sulit dapat diakses.

GERMANY CORRECT!V (didirikan tahun 2014)
CORRECT!V  bertujuan untuk mengungkap perilaku tidak etis dan kelemahan struktural melalui penyelidikan ekstensif. Ia ingin menggabungkan keunggulan klasik jurnalisme dengan inovasi teknis dalam analisis data dan mengintegrasikan fakta-fakta yang diteliti secara solid ke dalam cerita-cerita modern.

HUNGARY Átlátszó Center for Investigative Journalism (didirikan tahun 2011)
Átlátszó  Center for Investigative Journalism adalah LSM pengawas yang berbasis di Budapest, Hongaria, yang menggabungkan jurnalisme investigatif dan aktivisme sipil untuk mempromosikan transparansi di Hongaria.

HUNGARY DIREKT36 (didirikan tahun 2015)
Direkt36  adalah pusat jurnalisme investigatif di Hongaria dengan misi untuk mengungkap kesalahan dan penyalahgunaan kekuasaan, dengan memproduksi cerita berdasarkan pertanyaan sulit dan fakta nyata.

ICELAND Pusat Jurnalisme Investigasi Islandia (didirikan tahun 2011)
Pusat Jurnalisme Investigasi Islandia ( Miðstöð rannsóknarblaðamennsku á Íslandi , ICIJ) didirikan sebagai respons terhadap situasi serius di Islandia di mana jurnalisme investigatif hampir tidak ada. Ini adalah badan independen yang terkait dengan Universitas Islandia, yang disetujui oleh Departemen Ilmu Sosialnya.

Proyek Reporter Investigasi ITALIA Italia (didirikan tahun 2012)
IRPI  adalah kumpulan jurnalis investigatif yang ingin menghasilkan pertanyaan jurnalistik. Investigasi mereka, yang sebagian diprakarsai oleh anggota IRPI sendiri dan sebagian lainnya dilakukan oleh pihak ketiga, bertujuan untuk memberikan informasi kepada khalayak tentang segala jenis pelanggaran dengan fokus khusus pada permasalahan publik.

Pusat Jurnalisme Investigasi Baltik LATVIA (didirikan tahun 2011)
Pusat  Jurnalisme Investigasi Baltik  bermaksud melakukan investigasi lintas batas jangka panjang dan mendalam terhadap isu-isu penting secara sosial, dengan fokus pada topik yang melibatkan korupsi, kejahatan, keuangan, kewirausahaan, kesehatan dan hak asasi manusia. Fokus utama Pusat ini adalah korupsi dan kurangnya transparansi pada struktur kekuasaan yang lebih tinggi: sistem peradilan, penegakan hukum, partai politik dan lembaga-lembaga publik besar lainnya.

ROMANIA Pusat Jurnalisme Investigasi Rumania (didirikan tahun 2001)
Tujuan utama Pusat Jurnalisme Investigasi Rumania ( Centrul Roman pentru Jurnalism de Investigatie , CRJI) adalah untuk meningkatkan kualitas jurnalisme investigatif di negara tersebut. Anggota Pusat ini sendiri yang mengerjakan cerita investigasi, pusat ini dijalankan secara independen dari sumber pendanaan lokal dan telah membentuk meja investigasi di sepuluh kota utama Rumania. Didirikan pada tahun 2001.

ROMANIA OCCRP (didirikan tahun 2012)
Proyek  Pelaporan Kejahatan dan Korupsi Terorganisir  (OCCRP) adalah program nirlaba gabungan dari sejumlah pusat investigasi nirlaba regional dan media independen nirlaba yang tersebar dari Eropa Timur hingga Asia Tengah.

SERBIA Pusat Jurnalisme Investigasi Serbia (didirikan tahun 2008)
Pusat  Jurnalisme Investigasi Serbia  (CINS) terlibat dalam jurnalisme investigatif untuk memberikan informasi yang tepercaya dan akurat, berdasarkan fakta dan bukti, yang akan membantu warga Serbia lebih memahami peristiwa yang terjadi di negara mereka.

SLOVENIA CPNS Center za preiskovalno novinarstvo (didirikan 2013)
Pusat  Jurnalisme Investigasi CPNS Slovenia .

(Diperbarui oleh Rafael Njotea pada 13 Februari 2015)


Jaringan Jurnalisme Investigasi Global

Sejak tahun 2001 Konferensi Jurnalisme Investigasi Global GIJC telah diselenggarakan. Pada tahun 2003  Jaringan Jurnalisme Investigasi Global  dibentuk. Terdiri dari organisasi-organisasi dan pra-organisasi, masing-masing organisasi mempunyai satu suara, perwakilan bertemu di GIJCs, di sela-sela konferensi terdapat komite sukarela yang mengawasi kegiatan dan persiapan untuk konferensi berikutnya. 

Sarana komunikasi yang paling penting adalah  Global Mailing List.

2001  - Kopenhagen / Denmark - diprakarsai oleh Nils Mulvad dan Brant Houston dengan  Asosiasi Jurnalisme Investigasi Denmark  dan  Reporter dan Editor Investigasi AS . 

2003  - Kopenhagen / Denmark - penyelenggara yang sama seperti di atas

2005  -  Amsterdam / Belanda  - diselenggarakan oleh  VVOJ

2007  - Toronto / Kanada - diselenggarakan oleh  Asosiasi Jurnalis Kanada .  

2008  -  Lillehammer  / Norwegia - diselenggarakan oleh  SKUP .

2010  -  Jenewa  / Swiss - diselenggarakan oleh  investigasi Swiss

2011  -  Kiev / Ukraina  - diselenggarakan oleh  Scoop

2013  -  Rio de Janeiro / Brasil  - diselenggarakan oleh  ABRAJ 

2015  -  Lillehammer / Norwegia  - diselenggarakan oleh  SKUP .

2017  -  Johannesburg / Afrika Selatan  - diselenggarakan oleh  Wits University

2019 - Hamburg / Jerman - diselenggarakan oleh Netzwerk Recherche.

2023 - Gothenburg / Swedia - diselenggarakan bersama oleh FGJ / FOJO / GIJN


*JurnalismFund Europe

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sosialisasi Anti Narkoba dan Bahaya Obat Kategori G di SMK Karya Bahana Mandiri Oleh Panit Narkoba Polsek Bantargebang

Bekasi Kota - Panit 2 Reskrim (Narkoba) Polsek Bantargebang Ipda Hari Saktiawan, SH didampingi Bhabinkamtibmas Kelurahan Padurenan, Aipda Mu...