Minggu, 21 Januari 2024

Efek Buruk Kurangnya Penghijauan Bagi Kota

Penghijauan sangat diperlukan untuk bumi dan penghuninya yakni semua makhluk hidup. Oleh karena itu agar kelangsungan kehidupan makhluk hidup khususnya umat manusia dan yang diutamakan mereka yang tinggal di perkotaan. Pembahasan ini untuk penghijauan di perkotaan dalam mengurangi udara yang terkena polusi.  Mengapa haruys di kota ? karena perkotaan udaranya panas dan banyaknya kendaraan yang mengandung polusi kimia serta pengaruh panas matahari yang membuat polusi tersebut cepat mengurai kemana – mana.

Jika perkotaan banyak di tumbuhi pepohonan dan tanaman di sekitar rumah penduduk maka udara akan bertambah segar karena pepohanan dan tanaman dapat merupah karbondioksida menjadiu oksigen.

Jika penghijauan tidak dilakukan akan banyak dampak yang terjadi. Diantaranya :

·       Pencemaran Udara Meningkat

Dampak buruk kurangnya penghijauan di kota adalah pencemaran udara meningkat. Jalanan dikota akan banyak dipenuhi asap kendaraan bermotor  sehingga kadar karbondioksida semakin tinggi. Selain itu adanya asap pabrik yang berada di pusat kota maupun pinggiran kota. Jika tidak segera ditangani pencemaran udara tersebut dapat mengakibatkan  berbagai penyakit dari sesak nafas hingga penyakit kronis. Penyakit tersebut khususnya menyerang pernafasan yang berhubungan dengan organ paru – paru.

·       Udara Bertambah Panas

Panasnya hawa di perkotaan yang semakin hari meningkat. Kita dapat merasakannya sendiri perbedaan hawa di perkotaan dan di pedesaan , setidaknya hawa di perkotaan meskipun tidak sesejuk pedesaan ada suasana yang menyegarkan, dan itu dapat terjadi karena adanya penghijauan.

·       Adanya Bencana Alam

Bencana alam yang siap datang bila tidak adanya pepohonan yang di tanam di kota adalah bahaya banjir karena air hujan yang turun dan sungai kecil di perkotaan akan meluap karena tidak dapat menampung curah hujan karena jumlah pohon yang ditanam kurang. Pepohonan dapat menyerap air hujan dengan akarnya bila akar pohon cukup banyak dapat melakukan penyerapan, meski saluran air dan selokan banyak penyumbatan  dari sampah setidaknya dapat mengurangi dengan adanya akar pohon ( terkait sampah di sungai maupun saluran air ini juga harus diperhatikan ).

·       Kondisi Lingkungan Yang Kurang Baik

Populasi di kota akan semakin meningkat terus dan meningkat, selama lahan persawahan dan empang di jadikan perumahan dan bangunan – bangunan.  Hal tersebut akan membuat kondisi kota akan menjadi tidak baik.

Populasi yang meningkat harus diiringi dengan kondisi kesadaran masyarakat untuk melakukan penghijauan dan pemerintah setempat.


 *Berbagai sumber/Bimo


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sosialisasi Anti Narkoba dan Bahaya Obat Kategori G di SMK Karya Bahana Mandiri Oleh Panit Narkoba Polsek Bantargebang

Bekasi Kota - Panit 2 Reskrim (Narkoba) Polsek Bantargebang Ipda Hari Saktiawan, SH didampingi Bhabinkamtibmas Kelurahan Padurenan, Aipda Mu...