Kamis, 12 Desember 2019


GENEVA, 11 December 2019 -  International Discussion ( GID ) mengadakan putaran ke – 50 pada 10-11 Desember 2019
Selama decade terakhir, keterlibatan oleh para peserta berkontribusi terhadap stabilitas relative baik, sementara masalah – masalah inti keamanan dan kemanusiaan tetap belum terselesaikan.
Kita sekarang dihadapkan dengan situasi yang memburuk dilapangan dan posisi peserta yang berbeda – beda tentang isu – isu utama dari agenda telah semakin mengakar. Sejak Agustus 2019, ada tantangan keamanan serius di wilayah Chorchana –Tsnelisi. Orang –orang terus menderita kesulitan. Pembatasan bergerak telah diberlakukan pada beberapa kesempatan di titik persimpangan dengan Abkhazia dan Ossetia Selatan. Titik persimpangan pada garis batas administrasi Ossetia Selatan ( ABL ) telah ditutup selama lima bulan terakhir . Ini telah menyebabkan peningkatan jumlah insiden, termasuk penahanan.
Meskipun putran ke-50 berlangsung dalam suasana seperti biasa, dengan dibayangi oleh tantangan yang disebutkan diatas mengarah ke pertukaran yang intens dari semua informasi. Seperti pada putaran sebelumnya, tidak mungkin untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan pengungsi/ internal karena pemogokan oleh beberapa peserta.
Kami mengulangi seruan agar para peserta mengurangi ketegangan di ABL Ossetia Selatan, agar semua titik persimpangan dibuka kembali, semua tahanan dibebaskan, dan bagi para peserta untuk terlibat secara membangun dalam dialog –dialog di acara Jenewa, sertadi Gali dan Ergneti Mekanisme Pencegahan dan Penanganan insiden ( IPRM ).
C0- Chairs memuji komitmen para peserta untuk proses GID dan mengingatkan mereka tentang perlunya menghidupkan kembali kegiatan seperti ini agar mencapai hasil yang nyata pada isu-isu utama dari agenda di tahun mendatang.
Para peserta sepakat untuk mengadakan putaran berikutnya pada 31 Maret – 1 April 2020.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Polres Tangsel Bersama Bea Dan Cukai Sita 642 Kg Ganja, 7,8 Kg Sabu dan 1,1 Kg MDMA, Ungkap Penyalahgunaan Narkotika

Tangsel - Dalam dua bulan terakhir satuan reserse narkoba (Sat Res Narkoba) Polres Tangerang Selatan berhasil mengungkap perkara menonjol te...